Text
Isu-isu Kontroversi dalam Sejarah Barat
Mempelajari sejarah bukan menghafal peristiwa-peristiwa yang diangkat dan dituliskan dalam buku-buku pelajaran sejarah, bukan juga menerima menjadi sesuatu yang final, yang tidak dapat dikaji ulang kebenarannya. Jika siswa diminta untuk belajar sejarah, maka seharusnya yang ditanamkan dalam diri siswa melalui pembelajaran sejarah adalah kebiasaan untuk berpikir, sikap kritis dalam menangkap fenomena atau peristiwa sejarah.
Sifat kontroversial dari tulisan ini dimaksudkan agar pembaca dapat berpikir secara kritis, menangkap esensi yang tertuang dalam kisah-kisah sejarah yang terdapat dalam buku-buku pelajaran sejarah di sekolah. Dengan demikian, pembaca diajak untuk mengembangkan pemikirannya, manakala dihadapkan pada situasi kontroversial dari pemahamannya tentang suatu peristiwa sejarah yang selama ini dipahaminya. Artinya pembaca tidak lagi hanya menerima kisah sejarah itu sebagai sesuatu yang final, melainkan mulai berpikir ulang terhadap penggambaran kisah-kisah sejarah tersebut.
| B01629S | 940 HAN i | Perpustakaan Daerah (900) | Tersedia |
| B01630S | 940 HAN i | Perpustakaan Daerah (900) | Tersedia |
| B01631S | 940 HAN i | Perpustakaan Daerah (900) | Tersedia |
| B02065S | 940 HAN i | Perpustakaan Daerah (900) | Tersedia |
| B02066S | 940 HAN i | Perpustakaan Daerah (900) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain